Monday, March 17, 2014

" Portable Battery Past & Future "

" Portable Battery Past & Future "


Portable Mac sekarang ini sudah banyak memakai teknologi Lithium-Polymer, salah satu battery yang sifatnya lebih mungil dari pada battery convensional lainnya yaitu Lithium-ion.

Selain itu keunggulan antara battery Li-ion dan Polymer adalah Li-Polymer bisa disesuaikan dengan architechture Portable Mac sehingga bentuknya bisa berupa-rupa sesuai dengan keinginan mereka para engineer Apple.

Lain dengan Li-ion yang masih harus di kalibrasi agar kondisi cel-cel electronnya tetap dalam kondisi pengolahan ulang dalam pemakaiannya, dan disarankan sesuai knowledge base manual untuk Li-iOn adalah 1 bulan sekali, namun untuk Li-Polymer lakukan kalibrasi 2-3 bulan sekali. 

Agar Cells Elektron pada battery selalu dalam kondisi dinamis terpakai atau berputar dan tidak dalam keadaan jenuh , seperti contoh; battery dicopot dari portable unitnya dalam kondisi Cells Elektron tsb 0% atau 100%. dampaknya tidak terjadi perputaran cells-cells dan akan membuat cells-cells tsb, mati. 

Sifat spt ini sama seperti accu apabila kondisi air accunya kosong atau penuh dari tanda sasaran isi yg ada, pada akhirnya cells-cells tersebut tidak berfungsi atau dalam keadaan jenuh (tidak berputar/cycling).


Battery walau bagaimanapun sifiatnya habis pakai/consumable, sekarang tinggal dari kitanya yang harus me-maintain battery tersebut sehingga life span-nya panjang.  ( tergantung pada setting spt wifi, bluetooth atau setting-an brightness terang dan redup, dll ).

Cara Kalibrasi Cells-Cells battery :
1. Habiskan sisa Energy pada battery hingga Computer / Phone Padam, diamkan sekitar 1/2 jam untuk tidak di charging dan memastikan bahwa cells elektron pada battery telah terkuras semua.
2. Selelah 1/2 jam didiamkan kembali charging Computer dalam keadaan padam (Mati) , untuk iPhone saat Cells Battery sudah menjangkau Energy yg telah terisi sekitar 5-10% akan masuk kedalam system desktop, kemudian masuk ke Setting dan setting Airplane Mode ke On.
3. Setelah indicator led pada magsafe 1 dan 2 menunjukkan warna hijau dan pada iPhone menunjukkan pada indicator menu berwarna hijau, lebihkan 1 hingga 2 jam agar Eletricity menggapai cells-cells elektron paling dalam / seluruh pelosok battery tersebut. Hingga semua cells-cells eletron terisi penuh oleh electricity.
4. Selesai. 


Sekarang kita kembali ke Li-Polymer, tidak sama seperti diatas untuk proses maintain battery konvensional Li-ion. Pada Lithium-Polymer terdapat teknologi Apple yg disebut 'Adaptive Charging' disini artinya Battery mencegah Capacity cell-cell Ampere drop apabila tidak dikalibrasi, mereka mempunyai alat chip *(System Management Unit) yang ditanam untuk mendapatkan informasi kondisi terkini dari setiap cell cell yang memerlukan electricity/listrik agar proses kondisi cell cell tsb. berputar secara dinamis walau tanpa di kalibrasi sekalipun. *(Battery Management Unit).

Untuk battery Li-ion apabila kondisi battery sudah terpakai dari kapasitas keseluruhan 100%, maka life span yang terpakai dalam kondisi wajar adalah kurang lebih 300 - 500 cycles (tergantung besaran Full Charge Capacity (mAh).  Jadi Total Cycles keseluruhan dari battery Li-iOn adalah  500 Cycles. 


Berbeda dengan Polymer bila sudah mencapai kondisi battery terpakai 100 % (tergantung besaran Full Charge Capacity (mAh) .
Maka lifespan yang terpakai dalam kondisi wajar adalah > 1000 cycles (bisa mencapai 1300 Cycles). Yang artinya battery Li-Polymer 3 kali lebih panjang umurnya dari batery convensional yang ada (Li-ion.red). 

Saya disini tidak membahas berapa lama masa pakai 1 cycle untuk battery convensional Li-ion dengan Li-Polymer, karena semua itu tergantung dari pada pemakaian pada Aplikasi , setting system preferences termasuk bluetooth atau wifi on atau off , serta pemakaian brightness. Etc. 







Sekian ulasan singkat dari saya mengenai Battery Portable Li-Polymer dan Li-iOn. Silahkan memberikan masukan karena sangat berarti buat saya, sebagai dasar perbaikan tulisan dari artikel ini. Thanks:)

Penulis Article: Abdul Razak, ACMT

Sumber :

• Ilustrasi gambar diambil dari google images.
•http://support.apple.com/kb/HT3668
•http://www.apple.com/batteries/
•http://www.apple.com/batteries/notebooks.html
•https://support.apple.com/en-us/HT201585


No comments: