Thursday, March 13, 2014

Beberapa cara memaintain file system serta file directory di Volumes HDD

Kali ini kita akan membahas beberapa cara memaintain file system serta file directory di Volumes HDD dan apa yang dikerjakan fungsinya dari alur flow arsitektur Apple Macintosh. 

Dengan menggunakan cara simple dari merestrart mesin berakibat computer P.O.S.T ( Power On Self Test) yaitu untuk memastikan bahwa system dan hardware saling berinteraksi sesuai dari programming pada ROM Mac Os X (Read Only Memory , atau Bios pada PC). Apabila ada kejanggalan seperti sampai mengeluarkan suara beeping berarti ada masalah pada program di ROM,  yang mengartikan bahwa ada system yang belum bisa berjalan karena ada ketidak cocokan dengan minimum requirement Unit Portable / Dekstop pada ROM tersebut. 

•Cara untuk memaintain file system directory sudah tersedia pada utilities yaitu disk utility , jalankan secara regular apabila anda memakai hanya untuk tasking tasking yang tidak terlalu berat.  dan anda bisa menggunakan iCal sebagai pengingat bahwa disk utility harus dijalankan misalnya sebulan sekali atau seminggu sekali! Karena dengan menjalankan fungsi ini flow yang terjadi  pada saat  menjalankan repair disk permission dengan disk utility adalah B.O.M (Bill of material)  system folder receipts data base akan mensyncronize-nya dengan semua applikasi yang telah kita install dan apabila ada applikasi yang terkorupsi maka akan kembali di restrukturisasi oleh B.O.M tersebut agar struktur menjadi rapih  *(dalam hal ini pada PC adalah sama seperti mendefrag atau scan disk (cmiiw). 

Harddisk anda bersih seperti sediakala dan membuat penulisan dan pembacaan optic lebih cepat karena telah di index dan juga telah dijurnal file system serta file directorinya .
















Hal kedua adalah dengan menggunakan DVD Installation 1 atau OS 10.7 terkini menggunakan Recovery, anda akan mendapatkan setelah menuju ke menu bar 'Utilities' dan terdapat Disk Utility, fungsi Disk Utility dengan boot up lewat DVD installation 1 atau Recovery ini akan saya lakukan apabila terdapat minor problem thd file directory Volumes.

















Hal ketiga adalah menggunakan cara 'Single User Boot' dengan mengetik fsck -f -y atau fsck -fy bisa 'menyembuhkan'  minor bahkan major files yang terkorupsi yg terrdapat pada file directory. 















Hal keempat adalah Reset  Pram, dengan menekan keycaps command+option+P+R . Hal ini untuk mereset parameter ram konten setting dari system preferences hingga semua port-port ,date and time ,RAM Disk , disk cache , virtual memory etc. 














Sampai jumpa dengan cara memaintan Mac anda di lain waktu.

Salam.
Abdul Razak, ACMT

Links:

https://support.apple.com/kb/ht1782
http://support.apple.com/kb/HT1492
http://support.apple.com/kb/ts1417
http://support.apple.com/kb/ht1379

Links tambahan:
http://support.apple.com/kb/HT1533 
http://www.computerhope.com/beep.htm







No comments: