Sunday, May 30, 2010

Battery Back-Up Di Mesin Macintosh(date & time)




Banyak yang masih rancu kenapa date and time bisa berubah? penyebabnya adalah battery backup di portable atau desktop(lithium batt 3.6v) habis/exhausted. Atau memang di mesin bersangkutan tidak memiliki battery backup.
Di mesin Apple iBook G3 dan G4 apabila dicopot internal/main battery-nya selalu date and timenya berubah selang beberapa menit kemudian(apabila tidak ada lagi daya dc voltage yg dapat menahan setting pram di dalam mesin tsb.)
Karena mesin tsb. tidak memiliki back up battery utk menahan dengan memberikan daya(dc voltage) dan untuk menyimpan lebih lama setting data pram didalam mesin tsb. Mesin tsb hanya mengandalkan internal/main battery sebagai ganti dari fungsi back up battery, tapi fungsi tsb hanya berlaku apabila internal battery tsb masih memiliki daya/power(dc voltage) apabila dimatikan mesinnya.


Khusus utk Powerbook,hanya powerbook G4 12 inch saja yg tidak mempunyai back up battery tsb.
selebihnya semua mesin Apple macintosh powerbook G3&G4 memiliki backup battery.
Untuk lebih jelasnya mana saja mesin mac yang memakai backup battery bisa kalian lihat disini:
Untuk mesin Apple mac yg baru http://docs.info.apple.com/article.html?artnum=86181

Untuk mesin Apple mac yg lama http://docs.info.apple.com/article.html?artnum=11751

Tambahan catatan bawah saya… Maksimal kapasitas battery dari pada mesin Powerbook dan iBook tergantung dari bentuk ukurannya,bagaimana setting dari konfigurasinya dan cara penggunaannya. Bisa dilihat rata rata kapasitas battery di masing masing mesin:
12” iBook - s/d 6 hours
14” iBook - s/d 6h
12” PowerBook G4 - s/d 5h
15” PowerBook G4 - s/d 4.5h
17” PowerBook G4 - s/d 4.5h
15” Titanium G4 - s/d 5h

Daya tahan battery masing masing mesin tersebut akan berkurang seiring pemakaian perputaran dari isi battery tsb. Dan battery akan mengalami pengurangan daripada isinya sebanyak 20 persen menjadi 80 persen apabila pemakaian dari isi battery tsb mencapai 300 kali perputaran. ( untuk battery di mesin iPod akan berkurang 20 persen apabila isi battery tsb telah mencapai 400 perputaran/cycles).

No comments: