Sunday, May 30, 2010

Bagaimana Anda tahu mesin Mac yg anda beli(2nd) masih Fit?
















Kadang kalau kita membeli mesin mac second/bekas, membuat kita masih bingung hal apa sajakah yg kiranya harus kita periksa untuk meyakinkan bahwa mesin Mac yg mau kita beli ini masih dalam keadaan OK? Berikut tips tsb yang mungkin akan membantu Anda dalam mengecek mesin Mac yang akan Anda beli. Silahkan berdoa ,bertanya ke tetangga sebelah milis terlebih dahulu sebelum membeli sesuatu barang yang sifatnya bekas.


Pertama :

1. Colok power cord, nyalakan Mesin tsb. lalu dengarkan apakah ada bunyi startup chime soundnya?

*Setelah kernel yang dibungkus oleh GUI berjalan dengan normal sampai tampilan users windows dan hingga ke desktop biarkan beberapa jam dalam kondisi mesin masih on. Kita nyalakan sesuatu yang membuat prosesor terbebani misalkan iTunes dengan visualisasi-nya atau iMovie dan Photoshop bila ada, biasanya para overclok mempunyai software bernama Super PI dan fungsi tersebut adalah memaksimalkan kinerja prosersor melalui tampilan Terminal dengan bilangan 23 sudah cukup utk memberikan kinerja prosesor tinggi(anda bisa melihat proses tersebut pada "utilities" dengan menggunakan Activity Monitor.

Kedua:
Setelah proses mencoba beberapa hal diatas dan mesin tidak mengalami failure/kegagalan dalam hal prosessing langkah selanjutnya adalah kita melakukan restart sekali lagi utk mesinnya apakah setelah dengan percobaan diatas mesin tetap mengeluarkan suara chime yg berarti Power.On.Self.Test telah melakukan routing kehampir semua fungsi antara hardware dan operating system dengan baik.
Perlu dipererhatikan apakah ada tampilan yg aneh di display?, misalnya: color/display jadi gelap atau jadi keabu-abuan. Jika hal itu terjadi berarti anda mungkin harus mencek firmware mesin tsb.dengan menjalankan Software Update. Dan hal yang perlu diperhatikan dalam Operating System Mac adalah Software Update, dimana apabila ada suatu glitch atau bug maka Apple Engineering akan meriset permaslah tersebut lalu membuat firmware atau security update untuk menyempurnakan Operating System balutan dari Apple Inc tersebut.

Cara mengecek Software Update bisa didapatkan pada System Preferences - System - Software Update. Kedua dengan mengecek firmware software update tsb. di About This Mac pada System Profiler. Firware update biasanya difungsinkan untuk SMC Fan, Boot Efi , Graphic Firmware, Bluetooth serta Wireless Keyboard dan lain sebagainya.

Ketiga:
Cek PRAMnya ( option+cmd+P+R ) dengan cara di reset pram lakukan sampai 3-6 kali. Kenapa harus 3-6 kali, karena Pram bisa menditeksi apabila ada suatu masalah pada memory atau slot memory itu sendiri dan saya pernah mengalaminya pada saat Pram chime ke empat! indicator berkedap kedip dan adanya bunyi beeping 3 kali. Setelah saya ganti dengan memory yang sama/similar mesin tersebut hingga sekarng berjalan dengan normal tanpa kendala apapun.

Keempat:
Jangan lupa cek semua portsnya dari firewire, ethernet port, mini DVI, usb port, modem port, sound, juga external vga port yang terdapat di bagian belakang atau samping mesin, begitu halnya dgn mic (beberapa mesin pada display mengguanakan Ambient Light Sensor) juga di harus dicek. jangan terlewatkan utk mengecek semua fitur yang ada di system preferences.
jangan lupa untuk mencek keyboard dan mouse analog apabila mesin tersebut belum terdapat Wireless Keyboard dan mouse..

Begitulah sedikit tips untuk mengetahui apakah kondisi mesin mac Anda masih Fit atau tidak. Semoga membantu.


(*Pastikan mesin telah dilengkapi dgn latest firmware sesuai dengan model mesin-mesin tsb.)

No comments: