Thursday, February 13, 2014

Artikel ini dibuat pada Pertengahan 2010. 

 Langkah me-maintain user pemakai fitur FileVaults (as secure). Sudah lumayan banyak saya menemukan para user yang special menghidupkan fitur FileVaults di System Preferences - Security.

 Secara esensial fitur tersebut sangatlah bagus, membuat home folder lalu untuk kemudian disimpan dalam satu ruangan yang secure seperti layaknya dibank yang menaruh barang berharga di ruangan tempat penyimpanan bank tersebut yang pasti sangat ketat. Sekarang kita kembali kepada kenyataannya bahwa fitur FileVaults berjalan pada MacOS X.

 Apabila fitur ini aktif semua home user akan diconvert menjadi kecil atau code sebagai untuk mencegah tamu yg tak diundang. (Encrypting.red). Otomatis Home user telah masuk kedalam proses encrypting by FileVaults utilites, dan tidak sesuatu apapun yang bisa mencuri hasil karya yang ada didalam Komputer melainkan dirinya sendiri. Karena master password! (dapat diaktikan pada fitur system preferences - security- master pasword.

Tapi ingat apabila kita tidak sering membuat Volume uncripted 3 minggu sekali dan internal HDD-nya kurang dari Volume yang diapakai maka fitur FileVaults tidak bisa, kecuali di clone terlebih dahulu, misal. 80 Gb diclone ke 120 Gb. maka ada space lebih untuk keperluan Unencrypt. Setelah di Unencrypt selesai prosesnya, silahkan maintain pada finder -GO - Utilities klik - disk utilities kemudian pada kolom kiri atas akan anda lihat volume HDD anda dan diatasnya adalah Vendor HDD anda. Klik Volume HDD anda, dan lakukan Repair disk permissions lalu enter, tunggu hingga selesai dan lanjutkan di sebelah kanannya yi. verify disk, dan klik.. lalu apabila tidak ada masalah maka akan ada gambar hijau bertuliskan your HD was fine. atau bila ada masalah maka ada tulisan your volume directory has minor problem , need to be back up and repair with repair permission. Repair permission hanya bisa di gunakan pada saat kita mem-boot DVD instalasi 1 , sama pada menu -Utilties - disk utilites, karena HD internal tidak bisa memperbaik volume tsb. (root bisa memperbaiki masalah minor problem pada Volume HD).

 Apabila FileVaults tidak bisa dibuka? Your file is completly gone! hal terakhir yang dilakukan adalah mengecek apakah ada software update terbaru? contoh 10.6.5 , buat user baru sebagia admin.. lalu login ke admin user lain lalu dari sana lakukanlah Software update , setelah selesai issue semacam FileVaults corrupted sebagian bisa disembuhkan dengan cara ini. Hal penting yang saya kemukanan adalah apabila anda diplomat atau presiden atau orang penting lainnya, dijamin program FileVaults sangat mumpuni, namun anda harus rajin rajin untuk un-encrypt agar bisa dirapihkan lagi file file yang dalam istilah pc adalah terdefrag.

Untuk kemudian di maintain dengan cukup fitur Utilies - Disk Utility. (sebulan sekali atau dua bulan sekali,red). Semoga fitur FileVaults jangan disalah artikan bahwa sudah aman. Buktinya, saya punya bukti evidence yang pernah saya jumpai, dari jumlah filevaults yang bermasalah, dengan sample 5 hanya 1 yang berhasil diambil datanya, itu karena dia lupa akan master passwordnya saja, apabila ingat maka semua kembali dan jangan lupa untuk segera di Maintain dengan Disk Utilites.
 
Terima Kasih, Abdul Razak, ACMT

No comments: